Senin, 18 Januari 2010

Teori kepribadian menurut Carl Gustav Jung

Hasil observasi Kepribadian yang saya lakukan kepada si X saat ini :
X termasuk orang yang memiliki kepribadian ekstrovet/ekstraves, cuek, emosional, dan suka mengingat masa lalu atau bayang-bayang yang dahulu telah terjadi.
 Ekstrovet/ekstraves: karena X tipe orang yang mudah bergaul dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitar. X juga memiliki sifat yang selalu ceria.

 Cuek : X tipe orang yang cuek karena menurut saya jika X mempunyai suatu masalah maka X lebih baik untuk menyelesaikannya dengan cara yang praktis dan sesuai dengan pemikirannya. X tidak suka berbelit-belit dan berbicara apa adanya, misalkan jika X tidak menyukai pendapat dari teman atau orang lain maka X mengatakan tidak. Dan kebalikannya jika X menyukai pendapat tersebut maka X mengatakan iya. Dan X lebih senang menjadi dirinya sendiri (be your self).

 Emosional : X mempunyai kelemahan dari dalam diri X saat ini yaitu X lebih sering bersifat tidak sabaran atau emosional. Mungkin karena faktor intern dari dalam diri X yang masih belum terselesaikan di masa lalu. Jadi terbawa hingga kini.

 Bayang-bayang : saat ini X sering sekali mengingat masa lalunya yang telah terjadi. Dan itu sering terjadi diluar ketidaksadaran dari alam pemikiran.

Pembahasan

 Sikap atau keadaan jiwa menurut Carl Gustav Jung adalah arah dari pada energi psikis umum atau libido yang menjelma dalam bentuk orientasi manusia terhadap dunianya. Arah aktivitas energi psikis itu dapat keluar atau kedalam, dan demikian pula arah orientasi manusia terhadap dunianya.
 Tiap orang mengadakan orientasi terhadap dunia sekitarnya, namun dalam caranya mengadakan orientasi itu orang yang satu berbeda dengan yang lainnya. Jadi, berdasarkan atas sikap jiwanya manusia dapat digolongkan menjadi dua tipe, yaitu manusia yang bersifat ekstrovet/ekstraves dan manusia yang bersifat introvert/introves.
 Dan X termasuk kedalam manusia yang bersifat ekstrovet/ekstroves karena orang ekstrovet lebih dipengaruhi oleh dunia obyektif, yaitu dunia diluar dirinya.orientasinya terutama tertuju keluar, pikiran,perasaan,serta tindakannya terutama ditentukan oleh lingkungannya. dan mempunyai sikap positif yang mudah bergaul dan hubungannya dengan orang lain lancar.
 X lebih senang bersikap cuek karena menurut Carl Gustav Jung sikap cuek atau memiliki pendirian yang menjadi diri sendiri.
 Emosional X saat ini sering terjadi karena menurut Carl Gustav Jung sikap emosional adalah sikap yang ada di setiap diri individu dan bersikap spontan dalam bereaksi terhadap sesuatu yang ada.
 Di dalam kepribadian terdapat pula bayang-bayang dari kehidupan X karena X setiap saat selalu kepikiran akan masa lalu dan sulit rasanya untuk melupakan/menghilangkan masa lalu. Bayang-bayang yaitu segi lain atau bagian gelap dari pada kepribadian, kekurangan yang tak di sadari. Bayang-bayang ini terbentuk dari fungsi inferior serta sikap jiwa yang inferior, karena sikap atau pertimbangan-pertimbangan moral atau pertimbangan jiwa lainnya di masukkan ke dalam ketidaksadaran.

Tidak ada komentar: